Jumat, 23 November 2018

TEKNIK ELEKTRO

Teknik elektro merupakan ilmu yang mengaplikasikan listrik di kehidupan sehari - hari dengan melibatkan konsep , perancangan , pengembangan , dan produksi perangkat listrik yang dibutuhkan masyarakat .



Tujuan Program Studi Teknik Elektro 

  1. Pengetahuan Teknis: memberikan pengetahuan dasar dalam prinsip-prinsip teknik elektro yang didukung juga dengan pengetahuan pendukung yang dibutuhkan
    seperti matematika, sains, komputasi, dan dasar-dasar teknik.
  2. Keterampilan Laboratorium dan Desain: membangun keterampilan-keterampilan dasar yang dibutuhkan untuk melakukan dan mendesain percobaan. Membangun kemampuan untuk memformulasikan masalah serta proyek serta me-rencanakan proses penyelesaian masalah dengan memanfaatkan pengetahuan teknis dan keterampilan yang berbeda-beda.
  3. Keterampilan Berkomunikasi: membangun kemampuan untuk mengorganisasi dan menampilkan informasi, dan menulis serta berbicara secara efektif dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
  4. Persiapan untuk Profesi: Memberikan apresisasi terhadap spektrum masalah yang luas yang terdapat pada lingkungan kerja, termasuk kerjasama tim, kepemimpinan, safety, etika, pelayanan, ekonomi, kesadaran lingkungan dan organi-sasi profesional.
  5. Persiapan untuk Tingkat Pendidikan yang Lebih Tinggi: memberikan keluasan dan pendalaman yang memadai untuk menjamin keberhasilan di jenjang pendidikan yang lebih tinggi, atau untuk pembelajaran seumur hidup.
  6. Persiapan untuk pembangunan industri nasional: memberikan dasar yang cukup untuk berperan aktif dalam pembangunan teknik elektro dan industri lain yang terkait di Indonesia.
jenjang karier

Bagi sobat yang sudah lulus dari jurusan teknik elektro, kalian tidak perlu khawatir soal mencari pekerjaan karena lulusan teknik elektro sangat diperlukan didunia pekerjaan terlebih lagi di perusahaan yang memanfaatkan instrumentasi kendali. Lulusan teknik elektro biasanya menempati posisi atau jabatan di perusahaan sebagai : Telecommunication Software Enginer, Teknisi IT, Network Planner/Engineer, perancang dan implementor produk-produk perangkat keras dan lunak telekomunikasi/internet, Manajer proyek Sistem Informasi/Teknologi Informasi, Manajer pengembangan produk, Layanan telekomunikasi dan informasi, konsultan pada berbagai industri yang menggunakan telekomunikasi dan internet, dan lain-lain.
    Lulusan dari jurusan teknik elektro ini biasanya dibutuhkan untuk bekerja di beberapa perusahaan terutama di perusahaan instansi pemerintahan (Departemen PU, Bappeda, Bappenas, Kominfo),  PT PLN, PT Barca Indonesia, PT TELKOM, CV Sinar Badja Indonesia, PT Indoyoke, CV Innovative Electronics, PT. Sarana Reka Eltra Kencana (Alat Kesehatan), PT Hartono Istana Teknologi (Polytron), PT Siemens Indonesia, PT Samsung Electronics Indonesia, dan masih banyak lagi. Selain itu, lulusan teknik elektro juga sangat dibutuhkan untuk dapat bekerja sebagai teknisi di beberapa tempat seperti pertambangan, kelautan, pelabuhan, dan juga perusahaan industri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar