Jumat, 23 November 2018

PERKEMBANGAN DAN KEMAJUAN TEKNOLOGI

Di zaman modernisasi seperti sekarang, manusia sangat bergantung pada teknologi. Hal ini membuat teknologi menjadi kebutuhan dasar setiap orang. Dari orang tua hingga anak muda, para ahli hingga orang awam pun menggunakan teknologi dalam berbagai aspek kehidupannya.Kebutuhan manusia akan teknologi juga didukung dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat. Perkembangan teknologi berkembang secara drastis dan terus berevolusi hingga sekarang dan semakin mendunia.

Setiap perkembangan yang terjadi , pasti akan  berdampak positif dan juga negatif terhadap manusia . tidak terkecuali teknologi informasi dan komunikasi , berbagai bidang sangat terbantu dengan adanya teknologi ini , namun kerugian juga muncul dalam hal ini . 

berikut ini keuntungan dari teknologi informasi dan komunikasi : 


  1. Membantu Pekerjaan Manusia 
          Dengan adanya teknologi informasi dan komunukasi, pekerjaan manusia akan menjadi lebih                mudah dan cepat. misalnya , saat pelajar kebingungan mengenai materi yang disampaikan                    gurunya disekolah . Dengan adanya teknologi yaitu E-learning pelajar akan dipermudah proses            pembelajaran secara online dan pelajar dapat mengakses materi pelajaran di internet .

      
      2 . Mempermudah komunikasi jarak jauh 
     
           Sebelum adanya teknologi informasi dan komunikasi , proses komunikasi masih bersifat                     analog . Untuk mengabarkan kabar seseorang kepada keluarga nya harus lah melalui surat                   dengan waktu tempuh lebih dari 2 hari . Dengan adanya teknologi sekarang , dapat                               menggunakan sms , telepon , wa , line , e-mail dan sebagainya yang merupakan produk                       teknologi informasi .


Selain keuntungan dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi , ada juga kerugiannya , yaitu

       1 . Komunikasi Menjadi Hampa

            Sebelum adanya teknologi komunikasi , untuk melakukan komunikasi , haruslah bertemu                    antara satu pihak dengan pihak lainnya , sehingga proses komunikasi menjadi nyata dan                      transparan . sekarang ini , proses komunikasi tidak harus bertatap muka, sehingga terasa                      kurang puas .


       2 . Penyalahgunaan untuk pencurian keuangan

            Belakangan ini muncul berita mengenai pembobolan nasabah , ini terbukti jika kemampuan                dibidang teknologi bila tidak diimbangi dengan iman yang kuat , maka seseorang dapat                        terjerumus dalam tindakan pencurian melalui media internet .
Tips memanfaatkan teknologi 


  1. Gunakan gadget untuk hal - hal positif seperti belajar bagi pelajar jangan digunakan untuk gaya - gayaan .
  2. jangan menjadi generasi copy paste untuk membuat makalah dan lain-lain
  3. kreatif menggunakan fasilitas yang ada di gadget untuk menunjang pembelajaran
  4. gunakan media sosial untuk berbagi inspirasi bukan untuk menyombongkan diri
  5. jangan gunakan gadget pada saat ujian 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar